Categories : Wisata Alam

 

Kawasan lereng gunung Burangrang bagian Selatan kini sedang getol dikembangkan pariwisatanya, beberapa spot wisata alam dibenahi infrastrukturnya untuk menarik pengunjung. Tempat wisata yang paling baru dibuka tahun 2017 ini adalah Bukit Senyum atau Wisata Alam Burangrang Selatan. Entah mana yang tepat, mengingatkan pada ambiguitas penyebutan Puncak Bintang dan Bukit Moko di kawasan Tahura.

Menuju sisi Selatan Burangrang ini baik dari  Parongpong maupun Cimahi ambillah arah ke Cisarua lalu ikuti jalan menuju Cipada. Jalan ke arah Cipada ini sudah aspal walau tak mulus, namun sayangnya hanya sampai perbatasan kebun teh. Darisana bersiap-siaplah melalui jalan koral hingga melewati perkebunan teh ini, darisitu barulah akan ditemui jalan aspal kembali. Bila diteruskan jalur  ini bisa tembus ke jalan raya Purwakarta.

Salah satu view yang menonjol di sisi sebelah Selatan ini adalah perkebunan teh Pangheotan, yang segera akan mengingatkan kita kepada kembarannya yaitu perkebunan teh Sukawana disisi Burangrang lainnya. Namun di Pangheotan ini jelas lebih sepi, tak seperti di Sukawana yang kini semakin ramai keluar masuk mobil bak yang loading sepeda dan warung yang semakin jauh masuk ke perkebunan.

Selain view perkebunan teh yang menawan terdapat beberapa spot wisata di lereng Burangrang  yang belum banyak diketahui antara lain curug Cipalasari, Bukit Senyum, dan Sendang Geulis Kahuripan. Itu yang sudah menjadi tempat wisata, tentu lebih banyak lagi spot indah lain yang belum tergali. Jalur pendakian gunung Burangrang pun bisa dari sisi Selatan ini. Beberapa kekurangan menuju kawasan ini adalah jalan yang rusak dan kurangnya papan informasi petunjuk arah menuju tempat wisata. @bayubhar

 Posted on : September 4, 2017
Tags :