Categories : Hiking

 

Salah satu kendala kala akan hiking adalah bila akses ke lokasi merupakan jalur macet. Karena inilah kami jarang sekali melakukan kegiatan di Bandung Selatan yang rawan stuck lalulintasnya apalagi kala musim hujan. Lalulintas yang relatif lancar merupakan pertimbangan utama, tak heran Bandung Utara menjadi kawasan favorit karena walau jalur utamanya langganan macet namun memiliki banyak jalur alternatif seperti via Punclut, Ciwaruga atau bahkan Ujungberung.

Satu-satunya transportasi yang bebas macet di Bandung adalah kereta api, menjadikan moda transport ini memiliki nilai tambah bila dikombinasikan dengan aktifitas hiking. Selain bebas macet juga cepat dan memiliki sensasi tersendiri. Dari pengalaman, perjalanan kereta api akan merupakan sebuah petualangan tersendiri yang tak dapat dibandingkan dengan bis bahkan pesawat.

Sejak lama akses-akses yang bisa dicapai oleh kereta ekonomi masuk kedalam bucket list untuk dijadikan trek hiking yang accesible dari Bandung. Diantaranya adalah Padalarang, Cibatu dan Purwakarta. Namun belum banyak tempat yang telah disurvey dilokasi-lokasi itu. Bukan karena sulit menuju lokasi hikingnya, melainkan lebih karena jadwal keretanya yang tidak pas.

Sebuah kegairahan baru muncul kala KA Galunggung relasi Kiaracondong – Tasikmalaya mulai beroperasi sejak 26 Desember 2018 dan KA Pangandaran yang mulai beroperasi 2 Januari 2019 relasi Gambir – Banjar yang mampir di Bandung. Menghidupkan  kembali jalur kereta ekonomi ke Priangan Timur ini hal yang menggembirakan sehingga perjalanan ke berbagai tempat disebelah Tiimur kota Bandung akan semakin terjangkau.

KA Galunggung relasi Kiaracondong-Tasikmalaya misalnya, akan membantu membuka akses ke Garut dan Tasikmalaya untuk dieksplore lebih jauh. Walau akan lebih semaksimal bila kereta relasi Cibatu-Garut-Cikajang juga diaktifkan lagi.  Selama ini pun Cibatu sudah bisa diakses namun ya itu tadi jam nya tidak pas.

Beberapa gunung seperti Galunggung, Talaga Bodas, Guntur dan Papandayan merupakan tempat wisata pegunungan populer yang terletak di kawasan Garut dan Tasikmalaya. Dibukanya jalur kereta ekonomi ke arah Priangan Timur akan menjadikan perjalanan ke tempat-tempat itu semakin menyenangkan.

@bayubhar

 

 Posted on : January 3, 2019

%d bloggers like this: