Categories : Hiking

 

Adakalanya kala sedang hiking serta merta hujan menghampiri. Hujan merupakan hal yang biasa di pegunungan, jadi selalu bekali diri dengan jas hujan bila ingin tetap nyaman kala suasana hujan. Bagi beberapa orang, hujan di pegunungan kala hiking merupakan elemen pelengkap dan merupakan hal yang ditunggu. Saat itulah sebuah aroma alam yang tak akan didapat dalam cuaca cerah, akan muncul bagai parfum yang tiba-tiba semerbak penuh pesona. Smell of rain.

Aroma alam yang unik itu adalah petrichor, yang akan melengkapi perjalanan kita di alam seiring dengan aroma lainnya seperti aroma rumput yang terinjak, aroma kayu, humus dan lainnya yang hanya akan didapat bila kita keluar dari kenyamanan rumah. Kegiatan hiking tak hanya untuk menkmati pemandangan alam, namun juga mengenali kembali aroma purba di alam pada setiap langkah kita. Hal ini akan menjadi terapi tersendiri bagi setiap orang yang melakukannya.

Petrichor ( /ˈpɛtrᵻkɔər/ ) adalah aroma alami yang dihasilkan saat hujan jatuh di tanah kering. Aroma tersebut berasal dari minyak yang dikeluarkan oleh tumbuhan tertentu saat cuaca kering, kemudian minyak tersebut diserap oleh tanah dan batuan yang terbentuk dari tanah liat. Ketika hujan turun, minyak tersebut dilepaskan ke udara bersama senyawa lain yang dikeluarkan oleh tanah basah dan menghasilkan bau yang unik. Hal ini mengindikasikan tanaman mengeluarkan minyak untuk melindungi benih. Tetes hujan yang bergerak dengan laju yang lambat cenderung menghasilkan aerosol lebih banyak; hal ini menjelaskan kenapa petrikor lebih umum ada pada saat rinai. Beberapa ilmuwan percaya bahwa manusia menyukai aroma hujan karena nenek moyang mereka mungkin bergantung pada musim hujan untuk bertahan hidup. (wiki)

Jadi kala hujan menghampiri, alih-alih berdesah, bersyukurlah karena kita akan mengendus parfum alam yang penuh kesegaran. Some people feel the rain, others just get wet. Sayangnya kota sudah penuh dengan beton dan aspal sehingga aroma petrichor sudah jarang tercium. Maka segera ambil jas hujan dan bergegaslah ke alam, tinggalkan kesumpekan perkotaan dan rengkuh sebuah aroma semesta yang penuh kehidupan. @bayubhar

 Posted on : January 27, 2019

%d bloggers like this: