Categories : Hiking Wisata Alam

 

Selamat Tahun Baru…! Mulai tahun 2019 DO Adventure akan memperluas outdoor service nya dengan membuka paket camping. Loh camping dimana…, memangnya  DO Adventure punya resort untuk camping kah? Oya betul, resort kami ada dimana-mana 😀  maksudnya kamu bisa pilih tempat camping dimana saja sepanjang trek hiking yang biasa dilalui hehe.

Banyak lokasi yang layak untuk camping sepanjang trek-trek hiking dari Bandung Utara hingga Sumedang.  Barangkali banyak tempat yang  belum pernah kamu dengar sebelumnya seperti curug Cibareubeuy, curug Layung, Puncak Eurad, gunung Lingkung, puncak Papanggungan, Sukawana dan banyak lagi.

Jadi kamu ga usah khawatir kekurangan tempat camping yang asyik sepanjang trek mulai dari Burangrang Selatan hingga Manglayang. Medannya bervariasi mulai dari pinus, kebun teh, air terjun, tepi sungai atau puncak bukit. Namun semua ada tantangannya yaitu akan ada aktifitas hiking ringan sebagai eksplorasi medan sekitar.  Tapi jangan khawatir hikingnya hanya untuk kesegaran saja kok tidak akan terlalu jauh ^_^

 

Haduuh… kenapa harus ada hikingnya seh? Begini, bila tempatnya terlalu mudah dicapai maka akan sangat ramai oleh pengunjung, kadang bahkan seperti pasar ( hiperbol tentu saja 😀 ). Bukan suasana seperti itu yang diharapkan kala camping bukan? Nah tempat-tempat agak menyingkir dengan suasana asri bisa dibilang akan selalu dapat ditemukan bila kita mau sedikit orientasi. Disamping itu sangat dianjurkan untuk mengenal medan sekitar area camping, disamping menambah wawasan pada kawasan sekitar juga kurang seru bila seharian hanya dilewatkan disekitar tenda saja.

Bila tak mau repot-repot ada baiknya memlih camping di resort-resort wisata saja yang sudah menyediakan fasilitas tenda mulai dari yang medium hingga glamor. Kalo yang murah  tentu akan tetap sedikit repot kan hehe.. Banyak sebaran tempat glamping di lokasi-lokasi wisata di Bandung Utara  mulai ratusan  ribu hingga jutaan yang tak masuk akal. But please do yourself a favor...carilah sedikit adrenalin bila ingin merasakan camping yang sesungguhnya.

Operator camping biasanya sudah menyediakan perlengkapan namun sebatas standar seperti tenda, matras dan sleepingbag. Diskusikan dengan penyelenggara, peralatan apa yang disediakan dan apa yang perlu dipersiapkan sendiri. DO Adventure sendiri hanya menyediakan tenda, matras, kompor dan sleepingbag. Sebenarnya itupun sudah cukup namun bila ingin kelengkapan lebih, jangan khawatir banyak penyewaan alat-alat outdoor yang selalu siap membantu.

Nah dengan perlengkapan yang memadai camping di pegunungan akan sangat mengasyikan, namun bersiaplah pada dinamika cuaca. Elemen ini sering kurang diperhitungkan oleh para penyuka kegiatan outdoor, berharap cuaca bagus sepanjang hari. Siapkan perlengkapan yang memadai karena cuaca buruk dapat mampir sejenak karena seperti dikatakan mereka yang berpengalaman : there’s no such thing as bad weather only bad clothes. @bayubhar

 

-foto atas : camping site di Bukit Moko, Bayu Ismayudi

-foto bawah : camping site di Papanggungan,Tanti Brahmawati

 Posted on : January 1, 2019

%d bloggers like this: