Categories : Hiking

 

Teratai salju (Saussurea involucrate) adalah salah satu tanaman langka, memiliki sekitar 300 jenis spesies tanaman berbunga dalam keluarga Asteraceae, Karakteristik Teratai Salju atau orang Cina menyebutnya dengan nama Tian Shan Xue Lian merupakan bunga dengan bentuk yang unik.

Umumnya, bunga Teratai Salju memiliki kelopak berwarna putih, namun ada jenis tertentu yang memiliki warna berbeda seperti ungu. Habitat terbesar tanaman ini adalah di puncak pegunungan Himalaya.

Penyebaran ramuan teratai salju menurut legenda bermula dari mereka yang mengidap penyakit kanker sewaktu berada di Tibet meminum ramuan Bhiksu Tibet hingga akhirnya tersembuhkan. Karena merasa bersyukur atas kesembuhan penyakitnya, mereka pun meminta izin untuk membawa ramuan Teratai Salju ke masing-masing negara asalnya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

Para Biksu Tibet mengizinkan, dengan syarat Ramuan Teratai Salju ini diperbolehkan hanya untuk berbagi dengan orang lain yang membutuhkan tanpa pamrih yang kemudian budaya saling menolong saling memberikan ini berlanjut sampai sekarang.

Buat yang penasaran rasa minuman salju ini bisa hiking ke kaki gunung Tangkuban Perahu tepatnya kampung Rimba Sagun. Tentu saja,  membeli online akan lebih mudah namun jelas sensasinya sangat berbeda.

 Posted on : May 29, 2021