Categories : ASEAN Countries

 

Beberapa kali perjalanan melipir perbatasan di Indochina membuka mata bahwa menerobos ke China bukan hal yang terlalu sulit, bahkan menjadi kepenasaran tersendiri. Dua kota utama di Selatan yang terhubung ke Indochina adalah Kunming dan Nanning. Jalur utama menuju Kunming, ibukota provinsi Yunan di China Selatan adalah melalui Vietnam dan Laos, sementara jalur dari Myanmar sampai tulisan ini dibuat bisa dikatakan masih tertutup bagi turis.

Bila memakai jalur Vietnam, flight internasional terdekatnya adalah kota Hanoi lalu memakai kereta api ke Lao Cai. Setelah menyeberangi pos perbatasan Lao Cai-Hekou maka memakai bis ke Kunming. Sementara bila memakai jalur Laos, maka flght internasional terdekatnya bisa dari kota Luang Prabang (Laos) atau Chiang Rai (Thailand). Dari kedua kota itu memakai bis ke kota Luang Namtha di Laos lalu dari terminal bisnya memakai bis ke kota perbatasan China di Mohan. Bila memakai bis secara ngeteng hampir bisa dipastikan, akan mendapatkan bis ke Mohan yang berangkat esok harinya. Bila ada, lebih baik memakai bis dengan rute langsung ke Kunming semisal Greenbus dari Chiang Rai.

Jalur dari Vietnam lebih pendek dimana jarak Lao Cai – Kunming sekitar 350 kilometer sedangkan dari Chiang Rai atau Luang Prabang menuju Kunming sekitar 700 kilometer. Menuju Lao Cai juga lebih nyaman dengan memakai sleeper train sementara menuju Luang Namtha memakai bis duduk. Namun terkadang perjalanan bukanlah mencari yang paling mudah atau paling cepat, sehingga bisa dikatakan kedua jalur ini sama menarik. Yang tampak jelas, jalur Vietnam akan menghemat waktu sehari lebih cepat. Menjadi hal yang menggoda kemudian, mempertimbangkan untuk datang dari Vietnam, lalu pulang lewat Laos 🙂

Walau selalu banyak penerbangan langsung menuju sebuah kota, tak ada yang menyamai seni perjalanan darat bahkan bagi sebagian orang direct flight bukanlah lagi sebuah petualangan karena tinggal duduk manis lalu tidur. Berbeda dengan lika-liku perjalanan darat yang penuh dinamika. Perjalanan darat sepanjang ribuan kilometer, bagi sebagian orang adalah sebuah obsesi, dengan pengerahan energi dan sumber daya yang setimpal dengan kepuasan yang akan didapat. Singkatnya, sebuah  life changing experience.

@bayubhar

 Posted on : October 2, 2017
Tags :