Categories : ADVENTURE Asia Timur

 

Tiger Leaping Gorge merupakan kawasan ngarai yang diukir oleh sungai Yang Tze Kiang dengan kedalaman yang bisa mencapai 4 km pada titik palng ekstrimnya. Melakukan hiking di ngarai ini sangat cocok bagi penyuka hiking dan memerlukan waktu 2-3 hari untuk nyaman mengeksplorasinya. Tak banyak manfaatnya bila ingin bergegas menyelesaikan jalur yang indah ini dengan tergesa-gesa melewatinya, karena akan banyak kehilangan suasana pegunungannya yang khas.

Menuju ke kawasan Tiger Leaping Gorge dimulai dari Lijiang dengan bis menuju kota kecil Qiaotou. Bis-bis rute Lijiang – Shangri La akan melewati kota pertambangan yang berdebu ini. Mungkin mirip dengan kawasan tambang kapur di Padalarang, dekat Bandung. Setelah turun dari bis  berjalan sekitar 300 meter akan sampai di pos dimana tiket untuk masuk adalah 65 CNY (sekitar Rp 130.000 ). Cukup mahal, memang kawasan wisata di China dikenal dengan harga tiketnya yang mencekik, bahkan menurut warganya sendiri.

Tak jauh dari pos, terdapat beberapa guesthouse dimana kita bisa menginap atau menitipkan bawaan bila hendak ditinggalkan saat melakukan treking. Salah satunya Jane Guesthouse yang dengan senang hati akan menawarkan jasa left luggage ini dengan mengutip biaya 5 yuan. Jalur treking sendiri dimulai tak jauh setelah melewati guesthouse ini.

Sebuah perjalanan selama 4-5 jam melipir jurang akan dilewatkan sambil menikmati pemandangan ngarai yang ekstrim namun indah. Perlu diantisipasi cuaca yang terik di musim panas dan angin yang membeku di musim dingin. Jalur treking melewati beberapa guesthouse diatas gunung, sehingga bila ingin menikmati suasana pegunungan dengan lebih dalam maka bermalam diatas gunung pun is not a bad idea. Kapan lagi toh akan kesini?

Ujung rute treking ini adalah jalur menurun ke jalan aspal, tepat ke hotel Tina’s Guest House yang letaknya sangat strategis sebagai penutup treking  etape pertama. Kita bisa bermalam disini sambil recovery untuk perjalanan besok atau kembali ke Qiaotou. Di  Tina’s atau guesthouse lain yang dilewati selama treking, turis bisa memesan tiket bis menuju Lijiang atau Shangri La. Bahkan bila sejak awal tak berniat treking bisa memakai bis pagi yang langsung ke Tina’s dari Old Town Lijiang.

Etape dua dimulai dari Tina’s menuju middle gorge, dengan jarak tempuh yang tak selama etape satu. Dikawasan ini juga tersedia guesthouse yang menawan seperti Walnut Garden atau Woody’s dengan pemandangan ngarai yang tak kalah mempesona. Direkomendasikan melewatkan malam disini untuk meresapi suasana pegunungan bersalju disekitar guesthouse. Esok paginya kita bisa memesan tiket bis untuk pulang atau meneruskan perjalanan selanjutnya dari hotel tempat menginap. Tertarik mencoba? @bayubhar

 

 Posted on : June 18, 2017
Tags :