Categories : Trail Running

 

IMG-20150530-01133Selain surga kuliner dan factory outlet, kota Bandung juga seperti surga bagi penyuka trail running, begitu banyak lokasi yang bisa dijadikan arena berlari di alam bebas. Salah satunya adalah kawasan perkebunan kina di kaki gunung Bukittunggul. Kawasan perkebunan Bukittunggul memiliki topografi berbukit dengan ketinggian tempat 1.200 – 1.650 meter dpl. Dahulu disini hanya ada perkebunan, namun sekarang manajemen PTP VIII sudah mengembangkan pula agrowisata.

Menuju perkebunan kina  Bukittunggul bisa melalui Palintang atau Cibodas. Menyusuri perkebunan kina di kawasan Bukittunggul ini juga bisa menjadi alternatif refreshing karena banyak warga Bandung sendiri yang belum mengetahui keberadaan “Bandung outback” yang hanya berjarak sejam dari jalan Dago. Sehingga kawasan ini seperti keindahan yang tersembunyi.

Bagi penyuka trail running kawasan ini pun cukup kondusif  karena jalur untuk berlari disini sangat banyak, kita bisa memilih kearah mana akan berlari apakah sekitar gunung Palasari, menuju Sanggara, kearah Bukittunggul atau Pangparang. Atau berputar-putar disekitar perkebunan pun dijamin tak akan kekurangan view yang menawan.

IMG-20150530-01126Kayanya jalur koral disini merupakan surga bagi para pelari yang enggan bercumbu dengan  jalanan aspal. Bagi yang belum terbiasa arah jalan koral memang bisa membingungkan, maka sebaiknya lengkapi dengan aplikasi GPS yang bisa membantu arah. Namun sebetulnya dengan melihat arah gunung-gunung disekitarnya, kita tak akan kehilangan arah.

Bila membawa mobil banyak lokasi untuk parkir yang nyaman : Situ Sangkuriang, curug Batu Sangkur, camping ground atau di area tanah lapang gunung Kasur. Setidaknya sekali cobalah segarnya lari pagi di perkebunan kina, naik turun bukit yang diapit pegunungan.

 Posted on : July 5, 2016
Tags :

Facebook Comments