Categories : Asia Selatan

 

Rute darat para backpacker ke Nepal biasanya dilakukan dari India dan Tibet, namun tentu jauh lebih efisien dari India. Dari tanah air, bila dihitung-hitung maka biaya paling ekonomis kemungkinan adalah dari Kalkuta mengingat flight AirAsia dari Kuala Lumpur (KUL) ke Kalkuta (CCU) lebih murah dari ke kota-kota di India lainnya. Tampaknya, aturan dasar untuk melakoni perjalanan darat adalah memilih kota tujuan dengan flight termurah dari Kuala Lumpur dimana budget airlines seperti AirAsia atau Malindo begitu trengginas bermain tarif. Bila kena tarif promo maka ongkos sekali jalan AirAsia bisa diangka 800ribuan, namun bila penerbangan tarif biasa dipastikan lebih dari dua juta :'( .

Bila mau perjalanan darat terus dari Kuala Lumpur juga silahkan saja, artinya melewati Indochina ke India dengan menyebrang perbatasan darat di Myanmar. Sayangnya, dari beberapa informasi perbatasan darat Myanmar cukup rumit untuk dilewati. Jangankan moncor  ke India, dari Thailand saja harus memakai visa (padahal sesama ASEAN bebas visa lho) jadi jalur darat ini walau memungkinkan tampak maksakeun. Mending langsung flight ke India saja untuk memulai kick off backpackerannya.

Tipikal perjalanan darat menuju Nepal dari kota-kota besar India seperti Delhi, Agra atau Benares adalah dengan memanfaatkan perjalanan malam menuju kota terdekat ke perbatasan. Maka bila perjalanan dimulai dari Kalkuta, tahap berikutnya adalah mengambil perjalanan malam dengan sleeper train ke arah Darjeeling. Walau stasiun keretanya bukan di Darjeeling melainkan di New Jalpaiguri (NJP) namun kota yang indah di dataran tinggi dekat perbatasan Nepal ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk tempat transit  sebelum melanjutkan perjalanan. Dari pebukitan disini pegunungan salju Himalaya sudah jelas terlihat dan Kanchenjunga seakan dalam jangkauan tangan. Sementara puncak Everest hanya samar di kejauhan.

Walau kota Darjeeling sendiri cukup menawan untuk menjadi tujuan wisata, bila tujuan utama adalah menerobos ke Nepal maka kita melanjutkan ke kota perbatasan India yaitu Siliguri. Setelah melewati border imigrasi, kota perbatasan di Nepal adalah Kakarvitta lalu darisini perjalanan bis akan membawa menuju ke Pokhara atau Kathmandu dalam hitungan belasan jam. Dari Kathamandu (KTM) bila enggan pulang dengan rute darat, bisa memakai penerbangan langsung ke Kuala Lumpur dimana AirAsia dan Malindo biasanya menawarkan tiket yang lebih kompetitif dibanding yang lain. @bayubhar

 

 Posted on : August 9, 2017
Tags :