Categories : Hiking

 

IMG-20160416-03339

Tembakau (Nicotiana tabacum) merupakan salah satu komoditi tanaman yang banyak ditanam oleh petani di Indonesia. Tanaman tembakau tersebar di seluruh Nusantara dan mempunyai kegunaan yang beragam antara lain sebagai biopestisida dan insektisida, pengawet, pembersih luka dan terutama sebagai bahan baku pembuatan rokok. Sentra tembakau yang utama di Indonesia adalah Deli, Temanggung, Pamekasan, Lombok dan Jember.

 

Tembakau mengandung alkaloid nikotin yang berdampak buruk bagi kesehatan manusia juga sangat beracun bagi serangga sehingga nikotin dapat dimanfaatkan sebagi insektisida. Namun beberapa penelitian justru menunjukkan manfaat tembakau dalam mengobati berbagai macam penyakit, diantaranya memiliki kandungan protein anti kanker serta menurunkan resiko penyakit Parkinson.

 

Tanaman tembakau merupakan salah satu komoditas unggulan para petani dan mampu memberi kesejahteraan yang luar biasa pada saat panen raya musim tembakau. Peran tembakau bagi masyarakat cukup besar, hal ini disebabkan aktivitas produksi dan pemasarannya yang melibatkan berbagai tingkatan masyarakat. Di Indonesia, tanaman tembakau diperkirakan menghidupi sekitar 18 juta orang. Industri rokok merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia dan berkontribusi besar bagi ekonomi negara sebagai salahsatu penyumbang cukai terbesar dimana pemerintah meraup dana sekitar 50 triliun setiap tahunnya.

Badan pemerintah yang memiliki mandat untuk meneliti tanaman tembakau adalah Balittas (Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Serat) di bawah koordinasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Departemen Pertanian. Balai ini mempunyai tugas pokok melaksanakan penelitian tanaman tembakau, serat buah, serat batang dan daun, dan minyak industri .

Ladang tembakau merupakan salah satu view yang sering dilalui saat kami menjelajahi jalur hiking di seputar Kiarapayung dan Barubeureum. Ladang-ladang tembakau ini terletak dibelakang bumi perkemahan Pramuka Kiarapayung. Daun-daun tembakau yang lebar dan hijau membuat sejuk mata memandang. Walau kawasan ini bukanlah sentra tembakau yang utama di Indonesia, namun berbukit-bukit ladang tembakau selalu tampak menghijau. Sesekali kami bertemu dengan petani yang sedang memanen daunnya, dengan ramah menyapa dan menjadikan perjalanan menjadi lebih berkesan lagi. Bila ingin hiking diantara kehijauan ladang tembakau, maka bukit-bukit di kawasan Kiarapayung ini haruslah anda datangi.

 

IMG-20150528-01106

 

 

 

 Posted on : May 3, 2016
Tags :

Facebook Comments