Categories : Hiking

 

13731656_10208146358670115_6698073778941466178_nRasa penasaran untuk mencari jalan kepuncak Manglayang sebenarnya telah ada sejak mengunjungi curug Cilengkrang ( lihat Mencari Curug Cilengkrang di Ujungberung ). Bila melihat konturnya yang dekat, rasanya tak mungkin tak ada jalan menuju puncak. Karena lokasinya paling dekat dari camp DistrictOne, gunung ini menjadi tempat favorit untuk piknik berkeringat di hari Sabtu. Semakin blusukan di jalur-jalurnya, semakin banyak keindahan baru yang dilihat. Sejak saat itu beberapa jalur baru coba diretas, dan kadang berakhir buntu di tebing terjal.

Patokan untuk menuju puncak Manglayang dari Cilengkrang mudah saja, tinggal menuju tempat wisata curug Cilengkrang. Namun jalur awal pendakiannya bukan disitu, melainkan jalur-jalur setapak sekitarnya. Setidaknya kami menemukan tiga jalur pendakian menuju puncak. Jalur-jalur yang tampak banyak ini akan menyatu di sebuah punggungan, lalu sebuah setapak yang jelas akan terlihat menuju ke hutan pinus. Inilah jalan masuk ke jalur pendakian gunung Manglayang.

Bagi yang terbiasa memakai jalur Batukuda atau Barubeureum, akan puas bila menjajal jalur Cilengkrang ini karena viewnya lebih terbuka sehingga perjalanan akan ditemani oleh pemandangan yang indah. Setapak di hutan pinus ini akan bertemu dengan jalur dari Batukuda di area batu-batu besar yang disebut Batu Keraton, tempat yang banyak dipakai untuk selfie. Dari sini jalur pendakian identik dengan jalur dari Batukuda.

 

IMG-20160723-03629Karena lebih jarang dilalui, jalur hutannya lebih asri alias penuh nyamuk penghisap darah. Yang menarik adalah kala menemukan kotoran luwak yang penuh biji-biji kopi. Di area sebelum pinus memang banyak tanaman kopi. Sejenak sangat menggoda mengumpulkannya untuk diracik menjadi kopi, namun setelah dipikir-pikir berliku-likunya proses membuatnya, harta karun itu kami tinggalkan saja. Biar menjadi penanda asrinya jalur setapak disini.

Walau ada banyak pilihan untuk memulai pendakian, sebuah warung yang biasanya menjadi cek poin kami disini merupakan favorit untuk memulai. Setelah menitipkan kendaraan di warung, sebuah setapak yang berada disebelah warung akan menuntun kita sejenak naik turun melakukan perjalanan konturing sebelum mencapai gate hutan pinus.

 

 

 

 

 Posted on : August 4, 2016
Tags :

Facebook Comments