Categories : Trail Running

 

Nama Gunung Kasur sebenarnya merujuk ke sebuah kampung, bukan nama gunung. Wilayah ini terletak di area perkebunan kina Bukittunggul. Lebih spesifik lagi, biasanya para pelintas menyebut sebuah area lapang di pinggir jalan sebagai lokasinya. Walau kurang tepat, lokasi ini memang  strategis sebagai meeting point. Sebuah warung senantiasa menyambut para pelintas dengan tangan terbuka menghadirkan menu standar seperti kopi instan, indomie telor, snack kemasan dan aqua.

Menu yang bersahaja ini menjadi tampak mewah diantara lansekap alam yang indah disini. Dari arah warung, tepat didepan tampak gunung Palasari yang tampak lembut namun misterius, Bukittunggul di samping kanan dan Manglayang tersembunyi disamping kiri. Sementara bukit-bukit tampak menghijau disekeliling.

Warung ini biasanya menjadi meeting point kami bila akan melakukan trail running disekitar sini. Dari arah alun-alun Ujungberung dengan sepeda motor hanya setengah jam untuk sampai kesini. Survey jalur lari disini sebenarnya telah dilakukan setidaknya dua tahun lalu, namun baru sekarang menjadi area rutin untuk berlari ( lihat Trail Running di Perkebunan Kina, Kenapa Tidak? ).

Walau kali ini kami hanya lari-lari kecil sambil orientasi medan dengan jarak tempuh sekitar 5 km, kawasan ini sangat menjanjikan untuk berlari lebih jauh lagi. Di jalur ini kita akan menemukan lintasan single track yang melalui beragam vegetasi seperti eucalyptus, kina, kopi, pinus dan ladang sayuran sehingga tidak membosankan. Jalurnya melingkar hingga akan kembali menuju warung. Tentu saja, bila terasa masih kurang kita bisa mengeksplorasi lebih jauh jalanan koral hingga menuju Bukittunggul, Sanggara atau Pangparang. Jangan terlalu khawatir akan tersesat di perkebunan kina, karena arahnya cukup jelas dengan medannya yang terbuka.  Bila kurang yakin dengan arah yang dituju disini kita akan sering menjumpai pekerja kebun untuk menanyakan arah, seperti yang sering kami lakukan.

Selamat berlari..!

 

camera by : Ronni Simbolon

 

 Posted on : December 6, 2016

Facebook Comments