Categories : Wisata Alam

 

Komunitas D1VA berkesempatan memberikan mentoring program OKK Unpad 2021 untuk mahasiswa TPB Unpad  yang tertarik pada Ekoturisme. Beberapa pegiat komunitas hiking ini yaitu Tanti,  Ety,  dan Meni dengan antusias berbagi pengalaman mereka secara online kepada kelas ekoturisme yang penuh keingintahuan.

TPB merupakan singkatan dari Tahapan Persiapan Bersama, merupakan proses pembekalan yang diberikan kepada mahasiswa di tahun pertama masa studi. Pada tahun ajaran 2021 ini seluruh mata kuliah pada TPB akan saling bersinergi secara simultan. Mata kuliah Pancasila, Kewarganegaran, Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, dan OKK (Olah Kreativitas dan Kewirausahaan) satu sama lain saling bersinergi dan simultan melalui satu proyek yang sama. Pendekatan mata kuliah OKK tahun ini mengalami perbedaan signifikan dimana didesain sebagai mata kuliah wajib kurikulum berbasis proyek.

Berbicara tentang Ekoturisme, menurut Tanti Brahmawati,  harus memisahkan diri dulu dengan ‘mass tourism’, walau bisa berjalan berdampingan, tapi tetap memiliki idealisme dan jalan tempuh tersendiri.

Mengulas CBET ( Community based Eco-torism)  yang kini berkembang, lalu membuka wawasan tentang bagaimana Ekoturisme bisa menggali karakter-karakter pancasilais. Mengukuhkan sebuah objek Wisata Ekoturisme harus tetap dikelola oleh masyarakat setempat (komunitas kewilayahan), jangan sampai jatuh ke investor swasta yang sifatnya memonopoli dan profit minded.

Ekoturisme harus konsisten pada prinsip-prinsip yang pro rakyat, meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat, menjunjung karifan lokal dan hukum adat, memunculkan karakter ‘ngamumule lemah cai’, dan karakter-karakter pancasilais lainnya.

Peran komunitas dalam menyokong Ekoturisme sangatlah penting, bukan saja untuk menemukan, menandai, mempromosikan, tetapi juga menjadi media memberikan masukan pada pelaku dan penggiat ekoturisme, dan tidak kalah penting yaitu harus bisa berperan sebagai katalisator untuk menyampakain kritik, masukan, ide pada stakeholders pemerintahan terkait.

Sementara itu,  Meni berbagi pengalaman edukasi dini ekoturisme kepada pelajar  dengan mengenalkan mereka kepada kebudayaan Sunda di desa adat Cireunde dan Ety membawa imaji para mahasiswa kepada upaya-upaya menjaga kelestarian alam sungai Cikapundung.

*OKK sesi  2 & 3

 Posted on : September 25, 2021