Categories : Hiking

 

260543_10205759619819487_4140479435348894809_nKota Bandung yang terletak di ketinggian 786 meter dpl dan dikelilingi oleh pegunungan sudah menjadi daerah tujuan wisata yang eksotis bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Selama ini yang paling pupuler bagi wisatawan di Bandung adalah wisata kota dan wisata resort. Wisata kota meliputi belanja, seni budaya dan kuliner. Sementara wisata resort cukup tersebar luas di pinggiran kota meliputi kawasan pegunungan, hutan dan perkebunan. Resort yang ditawarkan kepada wisatawan kian hari semakin beragam dan menyediakan banyak pilihan terutama bagi segmen wisatawan menengah ke atas.

Yang masih terbilang langka barangkali paket wisata yang dapat ditawarkan kepada wisatawan yang memiliki minat untuk hiking menjelajahi kawasan baik didalam maupun pinggiran kota. Padahal prospek wisata berupa ekoturisme semacam itu cukup banyak peminatnya baik dari turis lokal maupun asing. Ekoturisme dapat dipersepsikan sebagai suatu perjalanan wisata ke daerah yang masih alami dengan memperhatikan kaidah konservasi kawasan tersebut. Meskipun bersifat petualangan, namun turis sangat menikmatinya. Bahkan semakin menantang resikonya, kerapkali semakin tinggi pula kepuasan wisatawan.

Wisata jenis ini dapat digolongkan ke dalam smart tourism  karena para peminat umumnya mempunyai latar belakang intelektual cukup sehingga amat peduli pada harmonisasi alam dan lingkungan. Oleh karena itu seringkali terlontar keluhan dari para wisatawan terutama turis asing terhadap sampah dan polusi seputar kawasan wisata.Wisatawan jenis ini melihat bahwa perjalanan wisata seharusnya merupakan perjalanan aktif, pencarian pengalaman dalam rangka pengembangan diri dan bukan lagi sebagai kegiatan liburan biasa.

Dalam industri pariwisata ekoturisme sudah menjadi komoditas wisata yang sangat menjanjikan. Length of stay  maupun trickle down effect kepada masyarakat lokal yang didapat dari wisatawan ekoturisme jauh lebih tinggi dibandingkan wisatawan liburan biasa. Apabila negara-negara lain di Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam bahkan Laos telah getol mempromosikan wisata hiking-nya, bukanlah sebuah harapan yang berlebihan bila kedepannya Bandung akan semakin menarik bagi para wisatawan dengan hiking sebagai salah satu andalan wisatanya.

Lokasi yang layak dikembangkan untuk hiking tersebar di berbagai pelosok kota dan diluar kota. Didalam kota misalnya ada Cikapundung trail, kawasan Dago pakar dengan pesona tebing Keraton yang sedang naik daun. Di daerah Lembang ada kawasan Sukawana, curug Cibareubeuy, gunung Lingkung bahkan gunung Burangrang bisa menarik untuk dipromosikan. Disebelah Timur ada gunung Palasari, gunung Manglayang serta dataran tinggi sekitarnya yaitu Kiarapayung, Batukuda, Barubeureum. Di sebelah Barat yang telah ditata adalah kawasan gua Pawon dan Stone Garden, sementara di Selatan lebih banyak lagi, antara lain gunung Puntang, gunung Rakutak, dan curug Siliwangi. Semua tempat itu, masih sebagian kecil dari yang bisa disebutkan sebagai lokasi layak hiking yang tidak mainstream di kota Bandung.

 Posted on : October 30, 2016
Tags :

Facebook Comments

%d bloggers like this: