Categories : ASEAN Countries Backpacker OVERLAND

 

img-20150303-00656Perjalanan backpackeran di Indochina akan dihadapkan kepada banyak pilihan dimana kelima negara yang berbatasan darat yaitu Thailand, Myanmar, Laos, Kamboja dan Vietnam memiliki keunikan masing-masing.  Maka untuk menghapus kegalauan pilihan yang beragam itu mengapa tidak melakukan lintas negara sekalian. Kemudahan melintas perbatasan antar negara yang tak memerlukan visa memungkinkan pemegang paspor ASEAN keluar masuk disini.

Bila berencana melakukan perjalanan darat lintas negara, kita bisa memulai dari kota manapun dan melanjutkannya dengan bis atau kereta. Namun kami menyarankan perjalanan dimulai dari Bangkok karena selain letaknya yang strategis, transportasi di Thailand lebih maju dari yang lain.  Selama di kota Bangkok kita akan dimanjakan oleh kecepatan dan kenyamanan transportasi yang terintegrasi.  Tergantung akan pergi kemana kita bisa memilih kereta, bis, subway dan angkutan sungai sebagai angkutan publik. Demikian juga amat mudah untuk menyetop taxi, tuktuk atau lainnya.

Terminal bis Mochit dan stasiun kereta Hua Lamphong adalah hub transport yang paling utama untuk meretas jalan menuju ke perbatasan. Namun banyak pula bis-bis travel dari area backpacker di Khaosan atau dari pool yang siap mengantar hingga jauh ke negeri tetangga. Ke perbatasan manapun kereta dan bis siap mengantar hingga pemberhentiannya yang terakhir. Dari Bangkok setidaknya ada beberapa pilihan untuk menjalani perjalanan darat Indochina circuit  yang mendebarkan. Berikut beberapa pilihan rute darat yang banyak menjadi pilihan turis backpacker:

  1. Selain Bangkok, destinasi wisata Thailand terutama ke Selatan (pantai) dan Utara (pegunungan). Kota-kota utama di Utara seperti Chiangmai dan Chiangrai merupakan jalur masuk dari Utara ke Myanmar dan Laos.  Kota lainnya adalah Udon Thani dan Ubon Ratchathani yang berbatasan dengan Laos, serta Aranyaprathet dengan Kamboja.
  2. Kearah Myanmar bisa memakai bis atau kombinasi kereta dan bis. Myanmar bisa dimasuki dari Maesai atau Maesot. Namun bila hendak meneruskan ke Yangon ambil perbatasan darat di Maesot ( memerlukan visa darat). Myanmar merupakan jalan buntu, setelah puas mengeksplorasi kota-kotanya bila hendak kembali kita hanya bisa melewati perbatasan darat yang sama kecuali tentu memakai pesawat.
  3. Ke arah Laos ada beberapa pilihan dengan jalur utama ke Nongkhai. Selain Nongkhai ada juga perbatasan paling Utara di Bokeo, lalu di Timur adalah Thakek dan Pakse. Perbatasan Nongkhai merupakan yang paling dekat ke ibukota Laos yaitu Vientiane dan karena itu paling hiruk pikuk. Dari Laos perjalanan darat bisa dilanjutkan dengan menerobos pos imigrasi Vietnam di sebelah Utara dan Timur, atau menerobos Kamboja di Selatan.
  4. Kearah Kamboja pilihannya ada Poipet menuju Siem Reap atau Koh Kong ke Battambang. Jalur Siem Reap tentu yang paling popular karena turis ingin mengunjungi Angkor Wat di kota ini. Dari negara yang kerap didaulat sebagai negara candi ini perjalanan darat bisa diteruskan ke Vietnam dan Laos.
  5. Vietnam satu-satunya negara di Indochina yang tak berbatasan darat dengan Thailand, maka untuk memasukinya para backpacker biasanya melalui jalur perbatasan dengan Kamboja di pos imigrasi Mocbai. Jalur selatan ini merupakan yang paling popular, namun dari Laos  pun bisa meretas ke kota Dongkhoi di jalur tengah dan ke Dien Bien Phu di jalur Utara.

img-20150303-00652

 Posted on : December 8, 2016
Tags :

Facebook Comments