Categories : ADVENTURE

 

Jabal Shams atau Jebel Syams adalah puncak tertinggi di Oman sering disebut roof of Arabian Peninsula.  Puncak Jabal Sham (3.028 meter dpl) terletak tepat di jantung rantai pegunungan Hajar sebelah Barat di wilayah Al Dakhiliyah, dimana terletak juga Jabal Akhdar. Jabal Shams adalah salah satu atraksi yang harus dilihat untuk setiap pengunjung ke Oman, dengan pemandangan Al Nakhr Canyon begitu spektakuler untuk diberi label sebagai “The Grand Canyon” dari Arabia, serta iklimnya yang sejuk, jalur pendakian yang menarik dan petualangan off road yang ditawarkannya.

Jabal Shams secara harfiah berarti “Gunung Matahari” dalam bahasa Arab,  disebut demikian karena ini adalah tempat pertama di Oman yang menerima matahari terbit karena memiliki puncak tertinggi. Suhu di gunung sejuk sekitar 10-15 ° C lebih dingin daripada di Al Hamra, cukup menyenangkan di musim panas dan agak dingin di musim dingin dengan salju sesekali turun. Jabal Shams menawarkan berbagai kegiatan untuk semua orang, apakah Anda tertarik dengan fotografi malam,  mendaki ke puncak, menjelajahi desa-desa yang ditinggalkan, berkemah di bawah bintang-bintang atau hanya sedikit off-road.

Ada tiga rute mendaki menuju Jabal Shams yaitu: Al Nakhur Rim Hike (Rute W6), Al Khitaym ke Wadi Ghul Hike (Rute W6a) dan Jabal Shams Summit Hike (Rute W4).  Rute pertama yaitu Al Nakhur Rim Hike (Rute W6) paling direkomendasikan untuk pendakian santai karena ini adalah pendakian yang mudah melalui tepi ‘Grand Canyon’ mulai dari desa Al Khitaym. Ini adalah desa di ujung jalan di Jabal Shams, tepat di tepi ngarai. Ketika Anda sampai di desa dan melewati ‘warung’ yang didirikan oleh penduduk desa, Anda akan melihat bendera putih, merah dan kuning yang menunjukkan awal rute W6 & W6a.

Jabal Shams terletak sekitar 250 km dari Muscat, dan dapat diakses dari desa Al Hamra yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Muscat. Perjalanan dari Al Hamra ke Jabal Shams paling lama satu jam, dan sebagian diaspal dengan bagian besar yang dinilai dan curam. Meskipun mobil yang lebih kecil kadang-kadang dapat dilihat di Jabal Shams, mobil 4WD sangati direkomendasikan mengingat jalan gunung yang curam. Bahkan kadang banjir akibat sehingga tak memungkinkan dilalui kendaraan kecil.

sumber : www.omantripper.com

 Posted on : May 30, 2018
Tags :