Categories : ASEAN Countries

 

mount apo

Davao City merupakan kota utama di Pulau Mindanao yang merupakan pusat dari Davao Region  (Region XI). Davao merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang populer di Filipina. Selain panorama alam, Davao dikenal dengan kekayaan budaya dan sejarahnya. Kota ini akan menjadi persinggahan sebelum mendaki gunung tertinggi di Filipina yaitu Mount Apo (3.143 meter dpl).

Davao terletak di pesisir Tenggara Mindanao yang kaya akan sumber daya alam. Topografi Davao yang berbukit-bukit diberkahi dengan berbagai pemandangan indah berupa hutan, cagar alam, perkebunan dan peternakan. Davao City dapat dikatakan merupakan suatu kombinasi yang unik antara kota kosmopolitan yang ramai namun damai, modern namun pedesaan.

Kata Davao sendiri dipercaya berarti “di balik bukit yang  tinggi” atau “melewati  perbukitan” berawal dari pengucapan suku-suku pertama disan bila menyatakan pergi ke daerah itu. Mereka akan mengatakan bahwa mereka akan “davoh”, “duhwow”  atau “Dabu” untuk merujuk  tempat tujuannya  berupa daerah yang dikelilingi pebukitan Buhangin, Magtuod, Maa, dan Matina.

Salah satu alasan utama alam Davao masih asri adalah tegas pemerintah kota yang menentang operasi pertambangan di kota itu. Wakil walikota Davao, Rodrigo Duterte bersikeras masuknya kegiatan pertambangan di kota hanya akan menimbulkan merusak sumber daya alam. Demikian pula dalam suatu kesempatan berbicara didepan Kongres, perwakilan Davao City mengajukan RUU bahwa kotanya daerah bebas pertambangan. Duterte meyakini bahwa pertambangan tidak hanya menggunduli pegunungan tetapi juga akan menggunduli seluruh masyarakat.

“Tak akan mudah bagi perusahaan tambang untuk beroperasi di kota ini,” janjinya. @bayubhar

 Posted on : September 29, 2014
Tags :