Categories : Wisata Alam

 

Salah satu tempat wisata di kawasan Perhutani yang baru dibuka tahun 2017 ini adalah Bukit Senyum di Burangrang, mungkin relatif bersamaan dengan curug Cibodas di Bukittunggul. Biasanya bentuk pengelolaannya merupakan kerjasama antara Perhutani dengan masyarakat desa (Lembaga Masyarakat Desa Hutan/LMDH). Atraksi yang ditawarkan pun tipikal, yaitu suasana hutan dan view alam sekitar. Tak ketinggalan warung, saung dan menara selfie.

Menuju Bukit Senyum ini baik dari  Parongpong maupun Cimahi ambillah arah ke Cisarua lalu ikuti jalan menuju Cipada. Jalan ke arah Cipada ini sudah aspal walau tak mulus, namun sayangnya hanya sampai perbatasan kebun teh. Darisana bersiap-siaplah melalui jalan koral hingga sebuah pertigaan terdapat papan petunjuk kecil yang mengarah ke Wisata Alam Burangrang Selatan. Plang kecil dari kayu ini mengingatkan pada petunjuk serupa menuju Sindang Geulis Kahuripan, dan memang jalurnya juga lewat sini. Entah memang tak ingin terlalu mencolok atau memang sekedarnya.

Bukit Senyum atau Wisata Alam Burangrang Selatan entah mana yang benar, mengingatkan pada ambiguitas penyebutan Puncak Bintang dan Bukit Moko di kawasan Tahura. Namun bila membaca di plang, tampaknya Wisata Alam Burangrang Selatan lah nama yang ingin ditonjolkan. Barangkali Bukit Senyum merupakan bagian dari tempat wisata ini.

Banyak jalan setapak di sekitar tempat wisata ini, sehingga tampaknya bagi yang suka hiking bisa melanjutkan dengan berjalan kaki menuju spot agak jauh seputar hutan pinus dan kebun kopi yang mendominasi kawasan sekitar. Dari parkiran masih ada jalan yang cukup lebar untuk diteruskan memakai motor, namun lebih baik berjalan kaki saja menikmati suasana hutan. Lebih syahdu rasanya.

Gunung Burangrang memang tampak amat dekat dari menara selfie, seperti tersenyum dan berbisik pada mereka yang menaikinya. Entah tiap orang merasakannya atau tidak. Menurut warga, jalur setapak dari sini bisa menuju ke puncak gunung Burangrang. Hemm.. informasi yang cukup menggoda, mungkin lain waktu perlu dicari juga jalurnya supaya tak penasaran akan makna senyum sang Gunung. @bayubhar

 

 Posted on : September 8, 2017