Categories : Rivering

 

Tema hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021 adalah Restorasi Ekosistem dimana Pakistan bertindak sebagai tuan rumah global pada tanggal 5 Juni. Pada hari Lingkungan Hidup Sedunia ini sidang umum PBB  meluncurkan deklarasi Dekade PBB tentang Restorasi Ekosistem.

Restorasi ekosistem dapat mengambil banyak bentuk misal menanam pohon, menghijaukan kota, membangun kembali kebun, mengubah pola makan atau membersihkan sungai. Restorasi bertujuan membentuk generasi yang bisa berdamai dengan alam.

Salahsatu cara keberpihakan kita pada lingkungan hidup adalah aktif pada kegiatan kesukarelawanan lingkungan. Siapa pun dapat menjadi sukarelawan. Kita bisa mengikuti kegiatan pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan memunguti sampah atau pada acara-acara yang digelar di sekitar.

Pada hari Lingkungan Hidup Sedunia  kali ini, komunitas D1VA Adventure for Women dan Cika-Cika Cikapundung Cikalapa memperingatinya dengan kegiatan bantuan sembako dan bersih-bersih sungai Cikapundung di sekitar PLTA Dago. Kerjasama serupa juga dilakukan tiga bulan sebelumnya yaitu pada tanggal 22 Maret saat memperingati Hari Air.

Dedengkot komunitas D1VA, Tanti,  mengatakan bahwa bantaran sungai merupakan ruang hijau, bukan tempatnya untuk menampung sampah. Hal ini diamini oleh Ety,  aktifis komunitas Cika-Cika yang mengajak warga sekitar Cikapundung untuk selalu menjaga kelestarian sungai.

 

 Posted on : July 14, 2021