Categories : Wisata Alam

 

Sekitar pukul 9 pagi cuaca di Gunung Batu, Lembang masih sejuk. Sinar matahari terasa mengelus permukaan kulit memberi rasa hangat. Saya celingukan mencari kedua rekan yang sepakat bertemu disini. Karena belum melihat siapapun saya  berkeliling sejenak mengabadikan view hingga ke sekitar cafe The Roxx, sampai tak berapa lama bertemu Bais. Sementara Bobby rupanya sudah berada di puncak Gunung Batu dan sedang perjalanan turun. Dalam kegiatan outdoor kami memang lebih senang pergi sendiri-sendiri dari rumah  bagai lone wolf. Cara begitu mendidik pribadi menjadi pejalan independen. Atau soliter? Eh mungkin juga.

Tempat ini sebenarnya sering dilewati saat melintas Punclut atau Dago Giri ke arah Lembang, namun kini sengaja mengunjunginya. Sekedar menengok perkembangan suasana sekitarnya setelah hampir dua tahun tak kesini. Nyatanya memang ada yang berubah, warung dekat parkiran  sudah tutup sehingga niat untuk ngopi sambil menikmati suasana pagi disini pun pupus. Padahal ngopi pagi dengan suasana outdoor pada hari Sabtu sudah merupakan ritual tersendiri yang kami sebut Coffe Outdoor.

Gunung Batu (1.336 m dpl) terletak sekitar satu kilometer di selatan Kota Lembang. Dari puncaknya kita bisa memandang view yang indah, barangkali salahsatu view  terbaik di Lembang.Tempat inipun sering menjadi ajang latihan memanjat tebing, camping, jogging, jalan-jalan atau sekedar selfie. Sementara kami kesini hanya untuk ngopi, namun warungnya sudah tutup. Cafe pun belum pada buka tampaknya… sengaja tak ngecek lebih dekat, khawatir anggaran tak cukup ^_^

Gunung ini merupakan batuan bekas lava Gunung Sunda yang usianya diperkirakan 510.000 tahun. Gunung yang lebih tepat dikatakan bukit ini berada dijalur Patahan Lembang yang memanjang dari  Timur ke Barat, yang bermula di lereng Gunung Palasari dan berujung di sekitar Cisarua, Cimahi. Patahan yang masih aktif ini dipercaya menyimpan potensi tektonik yang besar sehingga perlu diwaspadai.

Menuju Gunung Batu ini dari Bandung jalan terdekat adalah dari Punclut atau Dago Giri, bila dari Punclut nanti sebelum Lembang ambil jalan ke kanan menuju kantor desa Pasir Wangi sedangkan bila dari Dago Giri nanti ambil jalan ke kiri menuju tempat yang sama. @bayubhar

 Posted on : August 1, 2017
Tags :