Categories : Hiking

 

Sejak mengenal jalur Cilengkrang, telah timbul  rasa penasaran untuk mencari jalur ke buper Batu Kuda. Bukan menuju jalur pendakian Manglayang yang datang dari arah Batu Kuda, tapi jalur shortcut menuju bumi perkemahannya. Dari sisi ketinggian rasanya kawasan pinus curug Cilengkrang dan buper Batu Kuda ini tak jauh berbeda, sehingga kami menerka jalurnya akan landai melipir bukit.

Maka suatu hari kami pun menuntaskan kepenasaran mencari jalur melipir ini. Sebuah warung yang biasa menjadi chek point favorit disini kembali jadi lokasi start untuk memulai. Warung ini berlokasi tepat setelah tanjakan terahir  menuju curug Cilengkrang. Setelah menitipkan motor, jalur setapak yang berada disebelah kiri warung menuntun  sebuah perjalanan konturing.

Konturing di perbukitan bukanlah navigasi medan yang rumit, lebih mirip belok kiri dan kanan bila berkendara di jalan bila sudah tahu tempat yang dituju. Tinggal mengarah  ke tujuan dengan memelihara posisi ketinggian.  Mudah bukan? Tentu akan rumit jadinya bila kita tak tahu posisi sedang dimana dan tujuan kita kemana. Problem semacam itu memerlukan kalkulasi kecil sudut kompas di peta  yang disebut resection dan intersection yang saya pun sudah lupa caranya 😀

Maka dari chek point warung kami pun mengunci arah Batu Kuda. Posisinya berada di sebelah Timur dari Cilengkrang, jadi tinggal menuju kesana melewati jalur melipir bukit. Menuju arah Batu Kuda, untuk gampangnya dari warung lurus saja terus hingga menemukan jalur setapak sebuah puncak punggungan. Ikuti terus jalur setapak ini dengan terus menuju posisi Batu Kuda di sebelah Timur, jangan terlalu naik ke punggungan atau turun ke lembah. Ikuti dengan santai jalur landai di perbukitan dan nikmati pemandangannya.

Chek point utamanya adalah sebuah villa yang terletak di punggungan bukit. Usahakan menemukan villa yang terletak setelah kebun kopi ini, maka dibaliknya adalah jalur setapak yang mengarah ke Batu Kuda. Darisini tak sampai setengah jam lagi akan sampai di bumi perkemahan.

Menuju lokasi curug Cilengkrang sendiri, dari  alun-alun Ujungberung kearah Cileunyi nanti akan menjumpai jalan Cilengkrang I di sebelah kiri. Perjalanan menanjak sepanjang empat kilometer, awasilah petunjuk jalan maka kita akan sampai di arena outbond Manglayang Camp. Ikuti terus jalan menanjak ini, maka akan sampai di warung yang disebutkan tadi. Sedikit tips, bila suka lalapan segar maka lotek disini rasanya juara dengan porsi nasi yang tak pelit. Cocok untuk memulihkan tenaga usai melipir perbukitan. @bayubhar

 Posted on : August 27, 2017
Tags :