Categories : Hiking

 

Tak semua orang memandang puncak sebagai tujuan utama dalam hiking di pegunungan. Berbagai jalur hiking terkenal di dunia seperti Inca trail di Peru, Grand Canyon di Amerika atau Tiger Leaping Gorge di China hanya melipir saja di pegunungan melakukan perjalanan konturing. Perjalanan seperti ini bukannya tak menemui medan naik turun, hanya saja puncak bukan bukan tujuan melainkan sebuah perjalanan endurance  -yang bagi tak terbiasa- melelahkan fisik dan mental. Namun justru itulah yang dicari para endurance seeker, bukan cuma sebuah klimaks sejenak di puncak.

Salah satu hiking trail terbaik di Bandung adalah sekitar gunung Manglayang dan menurut kami jalur loop ini adalah best kept secret  yang sepi peminat. Lupakan sejenak puncak-puncaknya namun telusurilah jalan setapak di punggungannya. Bisa jadi sebuah pengalaman tersendiri, bahkan dapat menjadi ajang latihan sebuah perjalanan endurance.

Banyak tempat untuk memulai namun menurut kami start dari Barubeureum adalah pilihan yang baik. Bila membawa kendaraan bisa dititip di homestay, dan disini bisa bersih-bersih sepulangnya.  Mulailah sepagi mungkin karena jalur mengelilingi gunung Manglayang ini cukup panjang apalagi bila diselingi istirahat di berbagai tempat yang tampaknya tak akan terhindarkan mengingat banyak spot indah terlalui.

Loop trail ini  aman untuk dilalui, banyak pondok pekebun dan jalur evakuasi bila diperlukan. Demikian juga warung setiap lima kilometer dipastikan ada bila memerlukan infus kalori hehe.. Arah nya juga cukup mudah, jaga agar gunung Manglayang tetap berada di kiri terus atau kanan terus, tergantung kita bergerak searah atau berlawanan arah dengan jarum jam.  Ingat, jangan tergoda naik ke puncak melainkan terus melipir di punggungan.

Jalurnya sendiri kurang lebih Barubeureum (bukan camping groundnya loh) – hutan bambu – bertemu jalur dari Palintang – ambil arah menuju curug Cilengkrang – buper Batu Kuda – Kiarapayung – Barubeureum. Jarak tempuhnya  20 km lebih jadi cocok juga bagi yang ingin berlatih trail running kategori  half marathon. Ajaklah teman yang familiar dengan kontur Manglayang bila belum pernah kesini atau ditemani guide berpengalaman. @bayubhar

 

 Posted on : September 15, 2017