Categories : Wisata Alam

 

 

IMG-20140920-00042

Selama ini hanya gunung Tangkuban Perahu yang sangat dikenal oleh khalayak sebagai perwujudan dari mitos cerita Sangkuriang. Kita sudah tahu dari cerita Sangkuriang bahwa perahu  yang hampir selesai itu terhentikan pekerjaannya karena tentara jin mengira matahari sudah akan terbit.Sangkuriang pun marah karena proyeknya gagal, perahu yang hampir jadi ditendang sehingga terbalik lalu kemudian menjadi gunung Tangkuban Perahu.

Tak banyak warga Bandung yang mengetahui bahwa gunung Bukittunggul lekat sekali dengan legenda Sangkuriang. Sisa pangkal pohon yang ditebang berupa tunggul berubah menjadi gunung Bukittunggul. Ada juga tempat bernama gunung Tumpeng  di wilayah Bukanagara dan gunung Paisdage di Cipunagara yang diceritakan merupakan tempat  pembuatan makanan bagi para pekerja proyek Sangkuriang.

Kini di kawasan ini sudah ada pengembangan Agrowisata yang dapat dinikmati khalayak umum antara lain : Situ Sangkuriang, Curug Batu Sangkur, Area camping Ground, Penangkaran Binatang dll.

Di kawasan perkebunan Bukittunggul iklim menurut klasifikasi Scmidt & Ferguson termasuk type B, topografi berbukit dengan ketinggian tempat 1.200 – 1.650 meter dpl dan mayoritas jenis tanah tergolong tanah Andosol. Luas areal konsesi Kebun Kina di Bukittunggul adalah seluas 3.656,77 Ha tersebar di 5 Afdeling  yaitu Bukittunggul, Bungamelur, Cikembang, Puncak Gedeh, Cibitu. Tanaman pokok yang dikelola PTP VIII ini adalah komoditi Kina seluas 2.268,68 Ha namun pada beberapa lokasi ada juga komoditi Kayu Putih ( Eucalyptus da Jabon ). Menuju kawasan Bukittunggul  bisa melalui Palintang (dari arah Ujungberung) atau Cibodas (dari arah Maribaya). @bayubhar

 Posted on : September 15, 2014
Tags :