Categories : Hiking

 

Kegiatan bertajuk Saturday Outdoor adalah kegiatan yang sudah lama dirintis oleh District One (DO Adventure). Saya sendiri  bergabung sekitar tiga tahun lalu, kemudian bersama teman-teman hiking perempuan lainnya membentuk DO girls dan ikut melakukan Saturday Outdoor secara rutin. Hiking ke tempat-tempat sepi namun tidak jauh dari kota Bandung agar siang atau sore hari kami sudah berada di rumah kembali. Setelah berjalan beberapa tahun, program Saturday Outdoor ini kemudian di-shutdown , tampaknya DO Adventure menyerahkan inisiatif hiking pada hari weekend ini kepada para peserta sendiri.

Lama-lama disadari bahwa kami pun “not actually  a girl”, maka kami mengubah label tersebut menjadi D1VA, kependekan dari District One Adventure for Woman. Kini dengan program yang tidak melulu untuk kesenangan sendiri, tapi juga program  atau event yang bermanfaat untuk masyarakat luas. Maka beberapa event yang diperuntukkan bagi masyarakat luas pun diselenggarakan seperti Women’s Run dan Fun Green Run , keduanya merupakan event trail running 5K.

D1va hikers atau kami senang menyebutnya D’ hikers menjadi salah satu wadah bagi perempuan di Kota Bandung yang ingin melakukan hiking. Tanpa terasa kegiatan rutin kami  sudah berjalan kurang lebih satu tahun.

Tentu saja kami tak berangan-angan menjadi seperti para petualang profesional yang akan memuncaki gunung salju.

“Jangan bermimpi terbang tinggi bila tak punya sayap,” nasihat seseorang, “cukuplah menjadi sebaik-baiknya diri.”

Benar, cukuplah menjadi sebaik-baiknya kami, kaum perempuan yang bergabung bersama-sama dalam keceriaan alam. Saling menyemangati.

Bila dalam melakukan hiking  ada kalanya melihat elang terbang tinggi di angkasa, mungkin bukan seperti itu kami ingin dilihat. Bukan elang yang terbiasa terbang diatas awan untuk menghindari badai, melainkan seperti burung-burung pipit yang terbang bahagia dari pohon ke pohon. Kebahagiaan yang menginspirasi.

 

-TB

 Posted on : December 4, 2018