Categories : ASEAN Countries Backpacker

 

Kratie adalah kota kecil yang santai di tepi Mekong. Sungai raksasa ini  mengalir dari Laos di utara menuju provinsi-provinsi selatan di Kamboja. Wilayah sungai Mekong disini merupakan habitat bagi lumba-lumba Irrawaddy (semacam pesut), beragam jenis ikan, dan burung. Pedesaan Kratie menawarkan pemandangan yang tipikal tepi sungai dengan desa, sawah hijau, dan sekali-kali tampak lumba-lumba sungai

Provinsi  Kratie berbatasan Stung Treng ke utara, Mondulkiri ke timur, Kampong Thom dan Kampong Cham ke barat, dan  terdapat border dengan Vietnam. Ibukota  provinsi adalah kota Kratie yang terletak di Kratie District. Letak Kratie di timur laut Kamboja sebetulnya agak menjauh dari jalur turis yang ramai antara Siem reap dan Phnompenh, sehingga kota ini relatif terpencil dan tidak banyak menjadi tujuan turis.

Kratie lebih banyak disinggahi turis avonturir yang hendak transit ke tujuan yang lebih jauh, misalnya Si Phan Don atau Ratanakiri. Atau mereka yang ingin mencari suasana Mekong yang berbeda dari Phnmopenh. Walau relative tak banyak turis, layanan bus cukup memadai dimana jadwal bis yang konsisten melayani destnas sejumlah kota seperti Stung Treng,Phnom Penh dan Siem Reap.Dari Kratie juga bisa menuju perbatasan Vietnam seperti yang kami lakukan, yaitu dengan melewati kota Snuol lalu menuju Loc Ninh di Vietnam.

Penganan khas yang mencolok dari Kratie hingga Snuol sepertinya adalah semacam ketan yang dimasak dalam bambu yang disebut telan. Harganya 3000 riel (tak sampai sedollar). Rasanya polos sedikit gurih dan membuat kenyang perut dua orang. Sempatkan pagi-pagi berjalan sepanjang Mekong, maka banyak penjual telan ini. Citarasa Khmer chicken luclac yang terhidang kala makan di restoran atau hotel juga bisa membuat ketagihan.

Bila ingin menikmati pemandangan sungai Mekong sambil minum atau bersantap sedikit eksklusif, resto Jasmine Boat layak dicoba. Letaknya ditepi sungai, dengan sebuah dok yang terletak disisinya merupakan tempat boat mengantar turis ke tujuan wisata sepanjang sungai Mekong.

 Posted on : March 20, 2017
Tags :