Categories : Hiking

 

Pemandangan indah perkebunan teh Sukawana sudah termahsyur sebagai view yang instagramable sehingga dijaman medsos ini orang berduyun-duyun menyambangi perkebunan teh yang paling dekat dari kota Bandung ini. Jauh hari sebelumnya penggemar offroad dan mototrail telah menjadikan jalur Sukawana-Gunung Putri sebagai menu wajib memanaskan kendaraannya. Sukawana pun semakin populer bagi goweser dengan tampak makin seringnya mobik bak yang loading sepeda kesini. Namun para penggemar setia keajaiban pemandangan alam disini tetaplah para pejalan. Merekalah yang paling mendapat hikmah dari perjalanannya, seperti kata Thoreau… the swiftest travel is he who goes on foot.

View terindah perkebunan Sukawana menurut kami justru tak akan didapat oleh mereka yang menggunakan kendaraan. Orang harus berjalan kaki untuk mendapatkan view yang terlihat dari arah pebukitan curug Layung. Menuju kesini hanya sepeda yang bisa, itu pun akan tampak maksakeun.

Mendapatkan view menakjubkan ini tak sesulit yang dibayangkan, yaitu tinggal datang dari arah wisata alam curug Layung -bukan dari Sukawana. Setelah berjalan menanjak sekitar sepuluh menit, sampailah di puncak bukit pinus dengan view lepas ke arah perkebunan teh Sukawana. Kini telah disediakan panggung-panggung dan tempat duduk dari kayu untuk menikmati view. Tentu saja, bila datang dari arah Sukawana pun tetap bisa mencapai spot ini setelah berjalan kurang lebih sejam lamanya dari warung terakhir. Hayo.. pilih mana? 😀

Puncak bukit ini selalu terlewati dalam event trail running maupun hiking di curug Layung yang diselenggarakan oleh DistrictOne atau kini DO ADVENTURE 😉 ..hehe rebranding boleh kan.. Walau sering terlewati namun kami selalu terpana kala bertemu kembali dengan view ini.

Anda boleh percaya atau tidak, namun dari spot yang sama ini dari waktu ke waktu akan selalu terasa suasana yang berbeda dan suasana paling syahdu menurut kami adalah kala serinai gerimis turun dan kabut berkejaran dimainkan  angin dingin. Sejuk tak hanya terasa disekujur badan, namun menyapa kedalam hati. @bayubhar

Photo courtesy of Freyja Malika Rafaldini

 Posted on : May 6, 2018
Tags :