Categories : Wisata Alam

 

Jembatan baru di perbatasan Garut-Majalaya selesai dibangun tahun 2016. Menuju kesini bila dari Majalaya ambil arah kecamatan Ibun, maka tanpa terasa akan sampai di Cukang Monteng. Sebuah jembatan megah berwarna kuning menyala akan segera tampak dari kejauhan menyita perhatian.

Inilah jembatan Cukang Monteng yang kini dipopulerkan sebagai Kamojang Hill Bridge. Dari namanya saja kita seakan diberitahu bahwa kawah Kamojang tak terlalu jauh lagi, dan memang benar. Wisata alam kawah Kamojang tinggal beberapa kilometer di depan.

Menuju Majalaya sendiri bila dari Bandung bisa dari arah Bojongsoang, Sapan atau Rancaekek. Bila nama-nama itupun masih belum familiar, maka menuju Bojongsoang yaitu dari Terusan BuahBatu atau gate tol Bubahbatu, menuju Sapan yaitu dari arah Gedebage atau Ciwastra dan menuju Rancaekek yaitu dari arah Jatinangor atau Cileunyi. Sementara bila dari arah Garut ambil jalan menuju Samarang ke Kamojang, setelah melewati wisata kawah Kamojang akan ada percabangan jalan lama yang lurus dan jalan baru ke kanan. Jalan beton baru inilah yang mengarah ke jembatan.

Jalur Monteng merupakan jalan alternatif arus Lebaran bagi mereka yang ingin menghindari kemacetan parah di Nagreg, walau pada masa puncak arus Lebaran jalur ini pun tetap saja terimbas padat. Namun tentu saja dihari-hari biasa, lengangnya jalan disini bisa memberi inspirasi tersendiri, apalagi bagi yang suka selfie. Saya sendiri cukup antusias menjadikan Monteng sebagai jalur tetap untuk survey ke arah Garut.

Dibanding dari arah Garut, jalan yang datang dari Majalaya lebih curam dengan tanjakan yang panjang. Bagi yang datang dari arah Ibun jalur ini memang akan memaksa pengendara berkonsentrasi penuh supaya tidak kehilangan tenaga di tanjakan yang panjang. Kapanpun lewat kesini pasti akan selalu bertemu kendaraan yang sedang ngos-ngosan atau malah mogok di tanjakan. Saat kami lewat, sebuah mobil SUV terbuka kap mesinnya di sekitar jembatan. Namun bagi yang sering bolak-balik Dago-Lembang via Punclut atau Padasuka-Caringin Tilu, jalur ini tampaknya tak akan terlalu menjadi masalah 🙂 . @bayubhar

 

 

 Posted on : September 1, 2017
Tags :