Categories : ASEAN Countries Backpacker

 

Si Phan Don (Lao: ສີ່ ພັນ ດອນ; berarti  4000 pulau) adalah kepulauan yang terletak di Sungai Mekong, provinsi Champasak di Laos selatan. Si Phan Don terdiri dari banyak pulau dimana setengahnya akan terendam ketika Sungai Mekong meluap. Pulau-pulau utama dari Si Phan Don adalah Don Khong (yang terbesar), Don Det dan Don Khon. Wisatawan yang datang terkonsentrasi di ketiga pulau ini sementara pulau-pulau lain tetap jarang dikunjungi.

Atraksi yang ditawarkan untuk turis di Si Phan Don sebenarnya sangat beragam mulai dari berenang, memancing, kayaking, bersepeda dan berbagai paket wisata lainnya. Terdapat dua lokasi air terjun -jeram besar tepatnya- yang bisa dikunjungi. Namun yang paling popular (dan gratis!) adalah berinteraksi dalam percakapan yang ramah dengan penduduk. Sedikit saja keluar dari keramaian, kita bisa mendapatkan gambaran kehidupan masyarakat setempat, dengan kultur pertanian padi dan hewan ternak. Beberapa peninggalan kolonial Prancis dan kuil juga terdapat di sekitar pedesaannya. Kesini lah para turis biasanya menjauh dari keramaian, yaitu untuk melihat kehidupan penduduk setempat.

Tak banyak yang perlu dilakukan di Si Phan Don, selain bersantai dengan hammock di teras bungalow kecil di sepanjang tepi sungai Mekong. Darisini kita dapat memandang perairan sungai Mekong yang berwarna hijau  mengalir tenang mengumpulkan tenaganya.  Namun bila anda mengira sungai Mekong selalu setenang ini, tentu saja keliru. Beberapa kilometer dari Si Phan Don terdapat air terjun terbesar di Asia Tenggara dengan gemuruh yang bisa membuat merinding mereka yang paling berani sekalipun.

Menuju kesini dari arah Utara (Laos) yaitu dengan  bus dari kota Pakse biaya sekitar 70.000 kip hingga Ban Nakasang. Harga yang ditawarkan kadang-kadang termasuk tiket perahu, kadang-kadang tidak. Pastikan hal itu dengan agen tempat membeli tiket karena bila tidak kita harus merogoh kocek 20.000 kip lagi untuk perahu.

Mungkin sedang apes, kami datang siang hari menjelang sore di Pakse sehingga hanya bisa melakoni perjalanan ke Nakasang dengan truk! Biayanya 40.000 kip dengan tumpukan barang didepan hidung dan angin menderu dari samping. Setiba di Nakasang, dari terminal bis berjalan lima menit ke pelabuhan kecil di tepi sungai Mekong. Perahu-perahu berjejer untuk bergiliran mengantarkan turis menyeberang ke Don Khon dan Don Det.

Bila datang dari dari Kamboja Anda dapat memakai  bus atau van dari Kratie, Banh Lung  atau Phnom Penh. Perjalanan Nakasang-Phnompenh bisa sangat lama sekitar 12 jam, para traveler merekomendasikan sejenak beristirahat di Kratie, kota kecil yang cantik di tepi sungai Mekong.

 

 Posted on : March 19, 2017
Tags :