Categories : ASEAN Countries

 

Suatu hari di tahun 2012 kami pernah datang ke Vietnam dan betapa terkejutnya melihat pertokoan yang tutup seperti layaknya menjelang lebaran disini. Belakangan diketahui bahwa Imlek atau Tet disana sama seperti Lebaran di Indonesia, perayaannya bisa sangat panjang mempengaruhi aktifitas kota. Seminggu sebelum dan seminggu setelah Imlek dipastikan hanya itu fokus warganya. Sejak saat itu  Tahun Baru Imlek atau Tet selalu menjadi acuan bila akan mengunjungi negara-negara yang merayakannya.

Tết Nguyên Đán atau lebih umum dikenal sebagai Tết, adalah perayaan tahun baru di Vietnam. Tahun baru Tết merupakan hari raya terpenting di Vietnam yang sudah dirayakan sejak tahun 500 SM.

Vietnam memang merayakan Tet namun mereka tak ingin mengingat-ingat Tet Offensive yang legendaris itu, terutama warga yang berada di bagian Selatan. Tet Offensive adalah operasi penyerangan oleh Vietcong ke berbagai posisi strategis di Vietnam Selatan pada masa Perang Vietnam  yang waktunya bertepatan dengan malam Tahun Baru Tet pada tahun 1968.

Bagi sebagian yang  mengalaminya, hari-hari itu adalah masa yang suram. Sangat jarang warga yang bersedia membicarakannya kepada orang asing, seolah ingin melupakan saja tragedi yang memakan korban ratusan ribu orang itu. Barangkali seperti Indonesia yang tak ingin banyak bercerita perihal masa pergolakan tahun 1965.

Ketika penasaran menanyakannya kepada seorang teman di Saigon yang mengalami masa itu, sejenak ia terdiam dan menceritakan dengan getir suramnya hari-hari itu dilalui bersama keluarganya. Hanya dalam hitungan hari ia kehilangan beberapa orang terdekat. Sikap ini seperti mewakili sebagian besar warga di Saigon, Hue  dan Vietnam Selatan pada umumnya. Merasakan nada getir dalam ceritanya, saya pun tak lagi pernah menyinggung hal tersebut kepada siapapun disana. Bila ada tips Do & Don’t bepergian di Vietnam, maka salah satunya mestinya adalah jangan banyak bertanya tentang Tet Offensive, lebih baik ucapkan selamat Tahun Baru Tet saja seraya menikmati pemandangan bunga bermekaran di taman-taman kota Saigon.

 

 Posted on : March 6, 2018
Tags :