Categories : Hiking

 

IMG-20140624-01261 (1)

by Bayu Ismayudi

Jeritan girang anak2 kecil terdengar ketika kami tiba di Gua Pawon, sebuah tempat wisata alam yang cukup unik di daerah padalarang Bandung. Sengaja kami mengajak Fiqar & Ghina nama anak yang tergabung dalam kelompok kami ke tempat ini dalam rangka mengisi liburan sekolah mereka, kami ingin memperkenalkan kepada mereka tentang alam & lingkungannya.

Seperti yg kita tahu, anak-anak saat ini sibuk dengan gadget & wahana permainan yg modern dan mahal di perkotaan. Mereka kurang mengetahui bahwa di sekitar kita ada pegunungan, hutan, gua, dll yang cukup mengasyikan untuk dijadikan arena bermain, sebuah wahana yang sehat, mendidik & murah.

Setelah membayar biaya retribusi, kami bersiap untuk memulai petualangan kecil. Kami mulai meniti jalan menanjak & berbatu khas kawasan kars sebelum mencapai mulut gua Pawon. Di jalan yg kami lalui di atas pohon terlihat beberapa ekor monyet bergelantungan.

Tidak lama berselang, kami mulai memasuki mulut gua, bau khas kotoran kelelawar atau guano menyambut kami, kami pun menutup hidung kami dengan menggunakan scarf atau buff yg sudah dipersiapkan sebelumnya.

Anak-anak yg bersama kami begitu antusias mengeksplore gua, bagi mereka ini merupakan hal yang baru, mereka begitu bersemangat menelusuri gua sambil menghujani kami dengan pertanyaan2 polos khas anak2 tentang alam yg baru pertama kali mereka kenali ini.
Gua Pawon adalah sebuah gua yang tidak begitu besar yang terbentuk dari bebatuan kars, tidak sulit untuk menelusuri gua ini, tapi bagi seorang anak kecil hal ini menakjubkan, dari gua ini kita disuguhi view yang indah di bawahnya.

@gua pawon naik gunung

Setelah puas mengeksplorasi gua, kami pun kembali turun. Kali ini kami mengajak anak2 untuk mengunjungi sebuah area berbatu di atas bukit yg dikenal dengan nama “Stone Garden”. Untuk mencapai area itu, kami harus menyusuri medan yang menanjak yang dipenuhi ilalang. Fiqar & ghina begitu bersemangat mengarungi medan menanjak ini, sambil berjalan mereka tidak lepas dari candaan2 khas anak sambil ketawa ketiwi, rupanya rasa ingin tahu mengalahkan rasa lelah mereka.

Sekitar satu jam kami mendaki, tibalah di sebuah area yg dipenuhi tonjolan batu kars dengan ukuran yang beragam. Anak-anak menampakkan rasa puas & senang diwajahnya, mungkin bagi mereka ini adalah sebuah wahana permainan yang baru.

Alam banyak menyajikan keindahan yang kita tidak sadari & alangkah mengasyikannya jika kita mengeksplore alam ini bersama anak2 kita. Kita kenalkan kepada mereka lingkungan sekitar, tentang gunung, hutan, gua, dll. Kita bisa menjadikan alam ini sebagai wahana bermain yang mengasyikan & mendidik selain wahana hiburan di perkotaan yang bersifat konsumtif. Kita bisa ajak mereka bergaul dengan penduduk sekitar, makan & minum di warung2 tradisional sebagai bentuk pendidikan sosial yang mungkin tidak mereka dapat di sekolah- sekolah.

 

 Posted on : March 25, 2016
Tags :

Facebook Comments