Categories : Backpacker

 

Seperti diketahui, aktifitas kegiatan DistrictOne atau kini DO Adventure lebih berfokus pada backpacker di Indochina dan hiking sekitar Bandung dengan segmentasi budget. Tentu akan adapula petualangan yang sedikit menyimpang dari kategori itu dengan berbagai alasan, misalnya promo tiket murah yang sulit untuk diabakan hehe.. atau bahkan sebuah survey yang harus terlaksana at all cost. Namun tentu saja hal itu cukup jarang terjadi.

Sejak 2011 berbagai survey jalur backpacker telah dilakukan dengan rute darat. Tanpa mengecilkan perjalanan in flight, dinamika perjalanan darat memang menawarkan pengalaman yang amat berbeda bahkan pada rute yang sama. Oleh karena itu survey darat lah yang menjadi fokus perhatian bukan perjalanan yang dilakukan dengan in flight.

 

Beberapa survey darat yang pernah dilakukan:

2011 Hanoi – Sa Pa

2012 Saigon (Ho Chi Minh City) – Phnompenh – Siem Reap

2013 Hongkong – Shenzhen – Guangzhou

2014 Saigon – Hanoi

2015 Chiang Rai – Luang Prabang – Ventianne – Bangkok

2016 Yangon – Mandalay, Bangkok – Siem Reap – Saigon,  Saigon – Mui Ne – Da Lat

2017 Bangkok – Si Phan Don – Kratie, Singapura – Kuala Lumpur, Kunming – Shangrila, Malaka – Penang

2018 Da Nang – Nha Trang

 

Terjadi pergeseran dalam hal kota basis memulai survey. Setelah awalnya mengandalkan Saigon di Vietnam untuk memulai perjalanan darat, sedikit demi sedikit Bangkok menjadi kota favorit untuk menjangkau berbagai tujuan. Guangzhou yang tadinya digadang-gadang bisa menjadi pijakan berikutnya, ternyata tak berjalan lancar sehingga batal membuat basis disana. Justru muncul nama Khatmandu di Nepal menjadi pilihan kota basis berikutnya namun tentu saja ini harus disurvey dulu.

Sungguhpun demikian, survey darat 2019  diperkirakan masih berkutat di Asia Tenggara karena disitulah kami  berfokus. Rute yang sedang ditimbang-timbang antara Indochina dan Borneo. Tiba-tiba saja kami sadar bahwa sejak melancong ke Kinabalu, tak pernah lagi menjelajah di Borneo Malaysia. Jalur Chiang Mai yang terkenal eksotis belum pernah sekalipun disambangi sementara jalur selatan Kamboja yaitu Battambang -Sihanoukville juga terlihat menggoda.  Akan menarik nantinya, hingga kemana salahsatu jalur ini bisa diretas ditahun 2019. Atau… what the hell.. kenapa tidak ketiganya sekalian? 😀

 Posted on : November 21, 2018
Tags :