Categories : Backpacker

 

Berbekal pengalaman bertempur di kandang sendiri dengan Jetstar dan AirAsia, maka setelah Covid-19 reda maskapai Vietjet dari Vietnam makin pede unjuk gigi di jagat Asia Tenggara. Bukan berbekal pramugari berbikini seperti kala mencuri pasar Thailand, tapi tiket promo dan flight direct yang jadi andalan Vietjet menggoyang pasar Indonesia. Jauh hari sebelum ekspansi ke Indonesia, Vietjet  juga sudah meramaikan penerbangan ke kota-kota utama seperti Bangkok dan KL.

Sedikit mengenai Vietjet, maskapai ini adalah maskapai penerbangan milik swasta pertama yang didirikan di Vietnam dengan menyasar segmen budget. Jelas berbeda dari Vietnam Airlines yang merupakan maskapai full service milik negara, seperti Garuda kalo disini.

Sebagai milisi budget, kaum backpacker tentu lebih melirik Vietjet. Tapi sebetulnya Vietnam Airlines ini juga harga tiketnya kompetitif bila dibanding maskapai full service lain dan memiliki rute langsung Jakarta dari dulu. Cukup recomended bagi mereka yang terbiasa terbang manja pakai Garuda. Tapi karena kita backpackere jadi harap maklum.

Di Indonesia, awalnya Vietjet hanya membuka flight direct Vietnam ke Denpasar hingga saya terpaksa flight dulu ke DPS dari Bandung demi menghindari tarpak di Changi atau KLIA. Lalu setahun ini membuka direct flight ke Jakarta.. syukurlah, bye bye tarpak.

Dulu sekali memang ada juga AirAsia yang direct Jakarta ke Vietnam tapi sudah punah. Mungkin saat itu rute langsung Indonesia- Vietnam tak terlalu menggiurkan bagi maskapai Malaysia, namun bagi maskapai Vietnam menghubungkan negaranya yang  berpenduduk lebih dari 100 juta orang dengan Jawa-Bali yang berpenduduk juga segituan jelas sebuah pasar yang gurih. Maskapai Indonesia minggir dulu.

 Posted on : September 3, 2023