Categories : ADVENTURE

 

Terobsesi menggapai puncak-puncak gunung sub kontinen? Mengapa tidak mencoba mendaki gunung Toubkal atau Tubkal di barat daya Maroko, yang terletak di Toubkal National Park. Menjulang pada ketinggian 4.167 meter, itu adalah puncak di Pegunungan Atlas ini adalah yang tertinggi di Afrika Utara dan Dunia Arab. Gunung ini terletak tak terlalu jauh sekitar 63 km di sebelah selatan kota Marrakesh, dan merupakan tujuan mendaki yang populer.

Pendaki biasanya memulai pendakian dari desa terakhir Imlil yang berada di ketinggian 1.700 mdpl. Guide yang qualified dapat disewa demikian pula porter, untuk membawa peralatan dan pasokan makanan  ke pegunungan.

Di musim dingin, gunung-gunung tertutup salju dan es, dan bisa rentan longsoran salju.Pendakian selama akhir musim dingin dan musim semi (Februari / Maret) lebih sulit. Crampon diperlukan untuk naik melalui salju dan kadang lapisan es.

Pendakian selama musim panas (dari bulan Mei) tidak teknis namun cukup menantang, dimana lereng curam dan licin serta mountain sickness akan membayangi. Sepatu bot yang kokoh dan pakaian windproof diperlukan, dan tiang trekking akan  membantu. Kapak es mungkin diperlukan pada beberapa tempat disisa-sisa ladang salju yang ada. Di musim panas cuaca di gunung bisa sangat kering, tetapi kadang-kadang terbentuk badai. Meskipun suhu tetap di atas nol pada siang hari, setelah ketinggian 3.500m suhu beku bisa menghampiri.

Terdapat beberapa pilihan rute untuk melakukan pendakian tergantung berapa hari Anda ingin berada di pegunungan. Walaupun begitu adalah mungkin untuk mendaki gunung dalam dua hari dengan starting point dari desa Imlil; hari pertama hingga La Refuge (sebuah basecamp) sekitar tujuh jam, lalu hari kedua ke puncak sekitar lima jam dan kembali ke Imlil  dalam waktu  lima jam. Dari desa lain, pendakian bisa mencapai 3-4 hari lamanya.

 

 Posted on : June 11, 2018
Tags :