Categories : ASEAN Countries

 

Ketinggian gunung Matchincang di Semenanjung Malaya memang tak spektakuler seperti gunung Kinabalu di Sabah yaitu hanya 701 meter dpl (hingga cukup menggelitik untuk disebut juga bukit). Lokasinya yang berada di pantai menjadikan gunung ini tampak menjulang. Namun perjalanan hiking tentu tak semata membicarakan elevasi, melainkan  sebuah perjalanan di alam yang menyegarkan jiwa raga. Lagipula tak semua orang yang menyukai hiking akan tergila-gila pada pendakian gunung tinggi.

Jalur mendaki yang sepi di Matchincang justru akan memberi kesan tersendiri, hal ini karena orang datang ke Langkawi biasanya bukan untuk hiking melainkan wisata pantai. Hal inilah yang menjadikan hiking gunung Matchincang merupakan salahsatu best kept secret destination di pulau Langkawi, dimana para pencari sunyi bisa berkomtemplasi di alam selagi melakukan aktifitasnya. Perjalanan menuju puncak akan memakan waktu 2-3 jam tergantung irama berjalan sehingga jangan lupa untuk membawa air minum untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh.

Jalan setapak menuju puncak dimulai di Seven Wells, sebuah spot wisata di aliran sungai. Tempat ini sangat indah, tak ada salahnya meluangkan waktu disini menikmati aliran sunga yang jernih dan menyegarkan. Dari Seven Wells trek  berupa medan datar atau sedikit bergelombang di jalur yang sudah tua. Jalur hiking ditandai dengan beberapa string line di pepohonan, dan beberapa anak panah petunjuk arah. Setelah beberapa saat  mendaki akan menjumpai tanda U-turn di atasnya, jangan memutar belokan, melainkan ikuti lintasan ke kiri hingga menemukan serangkaian tali. Ikuti tali tambang yang merupakan alat bantu berpegangan di trek berbatu ini, hingga mencapai titik tertingginya. Karena gunung Matchincang terdiri dari banyak puncakan, bersiaplah naik turun beberapa puncak bukit sebelum mencapai plang resmi puncak Matchincang ini. 

Untuk menuju ke lokasi awal mendaki, dari bandara Langkawi mintalah taxi menuju wilayah Matchincang Cambrian Geoforest Park tepatnya menuju resort  Oriental village lalu teruskan sekitar 500 meter lagi hingga sampai di Umgawa resort. Disini kaki-kaki akan mulai dipaksa aktif dimana sebuah tangga batu yang cukup panjang akan menjadi ajang pemanasan sebelum mendaki jalur setapak. Tangga ini akan menuju ke spot wisata air terjun Seven Wells yang tadi diulas diatas.

Bagi yang berniat mengeksplorasi wilayah Matchincang Cambrian Geoforest Park, menginap di Umgawa atau Oriental Village bisa menjadi pilihan yang baik karena terdapat beragam aktifitas untuk melengkapi petualangan selama di Langkawi dimana Skybridge merupakan ikon utamanya. @bayubhar

 Posted on : July 29, 2017
Tags :