Categories : Wisata Alam

 

Sebetulnya curug Ceret bukan sebuah destinasi wisata, letaknya dipinggir jalan jadi tiap orang yang memakai jalan akan melewatinya. Namun berhubung bukan jalan umum dan buntu, maka lokasinya cukup terisolir dari hiruk-pikuk. Kesunyian ini cukup memadai bagi yang ingin menyepi sambil tak terlalu jauh dari keramaian.Tak jauh dari  lokasi curug ada warung.  Karena terletak ditepi jalan, tak diperlukan hiking untuk sampai kesini. Mobilpun bisa masuk hingga ke curug, namun akan sedikit sulit bila berpapasan dengan mobil lain.

Curug Ceret mempunyai ketinggian sekitar enam meter dengan sumber  air yang keluar dari celah bebatuan dan akar pohon. Jatuhan airnya tepat di pinggir jalan desa. Saking dekatnya curahan, air yang jatuh selalu membanjir ke jalan. Tak heran jika warga setempat menyebutnya Curug Ceret (dalam bahasa Indonesia: ciprat). Fenomena curug ceret ini akan dijumpai juga di beberapa tempat lain, sehingga akan kita dengar pula lokasi curug ceret yang lainnya di Jawa Barat.

Curug ini terletak tak jauh setelah  melewati PLTA Plengan yang dikelola PT Indonesia Power, tepatnya di Desa Plengan, Kecamatan Pangalengan. Bila dari arah Bandung, sebelum memasuki Pangalengan akan ada jalan belok ke kanan menuju Plengan. Bila diikuti terus akan sampai di wilayah PLTA. Lokasi ini bukan tempat umum, namun dengan sikap yang santun kita akan diijinkan masuk.

Curug yang unik ini bisa dianggap sebagai bonus kala berwisata ke Pangalengan. Bila sejenak ingin menyepi sambil menikmati suasana hutan yang masih asri, tak ada salahnya mengarahkan tujuan kesini sebelum meninggalkan Pangalengan.

 

 Posted on : January 27, 2017
Tags :