Categories : ASEAN Countries Jalan Jalan

 

Boleh dikata trip ke Langkawi ini terjadi by accident, karena sebelumnya tak terbersit samasekali. Ceritanya agak panjang namun intinya karena ngelantur kala beli tiket. Seharusnya tak beli tiket ke Kuala Lumpur, eh .. baru sadar setelah beberapa hari kemudian waktu ngecek email. Lha kok booking flight ke KL… trus mau ngapain di kota metropolitan ini? Terus terang kota metropolitan bukan tempat paling favorit bagi saya. I’d rather woke up in the middle of nowhere than any cities in the world..agak bombastis hehehe.. Akhirnya browsinglah destinasi sekitar semenanjung Malaya yang cukup ikonik dan seperti diduga muncul nama Langkawi di negara Kedah. Baru dengar kala itu namanya juga. Kebetulan tiket flight pp KL-Langkawi sedang diobral hanya sektar 80 RM. Penerbangan ini akan memakan waktu sejam.

Pulau Langkawi di sebelah utara Malaysia ini langsung menarik perhatian karena Skybridge nya yang menghubungkan dua puncakan gunung Machincang. Bila dipandang dari dari jauh, skybridge yang menghubungkan dua puncak gunung  ini  mirip menara kembar Petronas yang dihubungkan skybridge juga. Atau mungkin itu hanya imajinasi saya saja.

Menuju skybridge ini, kita akan menaiki cable car hingga zona puncak, lalu dari situ bisa jalan-jalan di skybridge berupa pedestrian sepanjang 136 meter di puncak gunung. Bagi yang ingin selfie di puncak gunung namun ogah berkeringat, disinilah tempat yang tepat. Tapi jangan berharap disini tempatnya sepi seperti puncak gunung.

Lokasi skybridge dan cable car ini berada di wilayah Machincang Cambrian Geoforest Park tepatnya di sebuah resort bernama Oriental village yang merupakan tempat wisata terpadu dengan beragam atraksinya. Tiket combo paling basic disini seharga 55 RM mencakup paket atraksi cable car, musium art 3D, bioskop Skyrex 3D dan planetarium Sky Dome 3 D. Buset 3D semua dah.. sementara untuk jalan-jalan di skybridge diatas gunung itu kita mesti merogoh kocek lagi sebesar 15 RM. Bagi yang mau menginap di Oriental Village Geopark Hotel, kamar nya bisa dipesan di web booking hotel mulai 80RM semalam.

Bagi yang berniat mengeksplorasi wilayah Machincang Cambrian Geoforest Park, menginap disini pilihan yang baik karena terdapat beberapa spot untuk aktifitas outdoor seperti sungai, air terjun, zip lining dan trek untuk naik gunung. Saya pun tadinya berniat menjajal Machincang trail hingga ke puncak, namun karena kesiangan bangun akhirnya hanya sempat hiking hingga sungai dan air terjun saja. Kesinipun sudah cukup menguras keringat.

Lokasi wisata lainnya di pulau Langkawi terletak cukup tersebar, namun yang populer adalah pantai Cenang dan wilayah geopark lainnya yaitu Killian Karst dan pulau Dayang Bunting. Pada malam kedua kami pindah menginap ke pantai Cenang dengan harapan dapat mengeksplorasi suasana pantai yang tentunya berbeda dengan atmosfer pegunungan Machincang.

 Posted on : May 20, 2017
Tags :