Categories : Hiking

 

Tak jauh dari wisata alam Batu Kuda terdapat sebuah puncakan bukit dengan view lepas yang indah ke arah Bandung Timur. Lokasi ini telah semakin populer bagi mereka yang ingin menghindari area camping Batu Kuda yang kadang terasa hiruk pikuk. Menuju kesini tak terlalu sulit, tinggal ambil jalan ke kanan yang menyeberangi selokan lalu ikuti saja jalur setapak utama.

Para pencari sepi akan mendapatkan suasana lebih syahdu di Bukit Papanggungan yang terletak sebelah Timur laut dari area camping. Berada disini kala sedang tak ada orang lain akan terasa sebuah sensasi jiwa yang pulang ke haribaan alam…going to the mountains is going home, seperti kata John Muir.

Bila kurang puas hanya dengan hiking sampai Papanggungan, treknya bisa diteruskan semakin ke Timur menuju Barubeureum atau Kiarapayung. Dari area lapang tempat camping, bila menuju Barubeureum ambil jalan sebelah kiri yang melipir sisi gunung Manglayang, sementara menuju Kiarapayung ambil jalan yang semakin menurun disebelah kanan. Jalur menuju Kiarapayung lebih mudah dilewati, namun perhatikan dengan seksama arah yang menuju Barubeureum karena akan masuk ke hutan.

Terdapat sebaran area cukup lapang untuk menampung tenda-tenda bagi mereka yang ingin camping di bukit. Bila malam tiba, view kota yang bermandikan cahaya disini mungkin salah satu yang terindah di Bandung. Jadi mengapa tak coba hiking ringan kesini disaat Batu Kuda terasa semakin sesak oleh pengunjung? @bayubhar

 

 Posted on : May 25, 2018