Categories : Backpacker Hiking

 

If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together

Ada kalanya perjalanan meretas jalur petualangan baru terdiri dari para penggiat yang sudah tak diragukan lagi asam garamnya seperti kala pertama ke gunung Fansipan tahun 2011. Bersama lion prideย  ini, tak ada keraguan sama sekali bahwa puncak Indochina yang kala itu masih misterius akan dapat segera dicapai. Namun dilain waktu menuju tempat yang infonya remang-remang seperti pegunungan di Yunnan, dengan sedikit cemas hanya sendirian saja berlenggang kangkung.

Begitu pula kala survey curug Siliwangi di kaki gunung Puntang, tim berkekuatan penuh dengan santai menyebrang sungai menerobos hutan namun disaat lain sebagai lone wolfย  saja celingukan diantara labirin pinus Jayagiri – lalu nyasar ๐Ÿ˜€ . Artinya, survey adalah sebuah aktifitas dalam kategori show must go on.ย  Hanya sendirian pun tak menjadi batal, walau biasanya tim yang efektif adalah 2-3 orang. Dituntut sedikit militansi terutama pada cuaca buruk, nyasar dan perubahan rencana yang tiba-tiba. Kalau anggaran yang mepet sih memang sudah biasa hehe.

Akan beda halnya dengan program reguler seperti hiking ceria, hiking for therapy atau backpackeran biasa dimana kenyamanan berkegiatan lebih diutamakan mengingat terbuka untuk peserta baru yang belum terbiasa ngapruk . Bila cuaca buruk atau jadwal yang bentrok maka dengan mudah bisa direskedul… gitu aja kok repot…ย  ๐Ÿ˜€ Bahkan kadang lebih penting untuk COD barang jualan bila ada agan-agan yang mau beli barang ๐Ÿ™‚ Namun jangan lupa bahwa program reguler pun destinasinya bukan tempat wisata mainstream, jadi beberapa kenyamanan khas tempat wisata bisa jadi sulit ditemui.

Bahkan dalam program reguler pun, bila tak ada peserta lain maka sendirian pun tetap berangkat untuk membiasakan diri menjadi pejalan mandiri. Hal itu penting bila kelak harus terjun seorang diri di tempat asing antah berantah nantinya (suatu hal yang sering terjadi). Jangan terlalu berharap dibekali info selengkap-lengkapnya bila sendirian tour of duty ke negara asing, bila banyak bertanya paling dijawab.. “nya kumaha lah we carana” ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Seperti diketahui, aktifitas kegiatan DistrictOne atau kini DO Adventure lebih berfokus pada backpacker di Indochina dan hiking sekitar Bandung dengan segmentasi budget. Tentu akan adapula petualangan yang sedikit menyimpang dari kategori itu dengan berbagai alasan, misalnya promo tiket murah yang sulit untuk diabakan hehe.. atau bahkan sebuah survey yang harus terlaksana at all cost. Namun tentu saja hal itu cukup jarang terjadi.

Rasakan dalam diri Anda apakah ada adrenalin yang berdenyut atau mendambakan ketenangan suasana alam saja, lalu pilihlah dengan bijak sesuai dengan kenyamanan program-program back to nature dan budget traveling yang tersedia. Jangan salah pilih…. ๐Ÿ™‚ Pada beberapa kesempatan, selalu ada peserta yang salah kamar sehingga ciut kala hujan badai di hutan namun pada kesempatan lain merasa penasaran “kok cuma gini?”. Tapi hati-hati, jangan cepat menyimpulkan sebelum kegiatan benar-benar selesai.. bisa-bisa alam mebalikkan keadaan pada injury time.

Walking together is safe.. but sometimes when walk in the thin ice fast is safe

 Posted on : May 10, 2018